TIPS & TRICK

Tips & Trick : Bisa Berhemat ala Anak Kost

5/24/2017 01:17:00 am



Kalian anak kost? Sama dong! Pasti lagi jaman-jamannya ngatur pengeluaran sendiri. Nah, kali ini saya akan memberikan tips & trick : BISA BERHEMAT ALA ANAK KOST

1. Kendalikan egomu
Ini adalah peran yang sangat penting bagi kalian yang sedang mengatur uang sendiri, terutama anak kost. Kamu harus tau apa yang kamu butuhkan dan kamu inginkan. Kamu harus lebih mengutamakan apa yang dibutuhkan ketibang mendahulukan apa yang diinginkan. 

2. Puasa ajaaa
Yupz! Ini juga gakalah pentingnya lhoo! Selain bisa menghemat pengeluaran kalian, puasa juga bisa menambah pahala. Double-double kan kenikmatannya? Yaiyalaah! Gausah pikir panjang, puasa aja yuk! Kalau sekiranya mampu, diusahakan untuk puasa Senin & Kamis dalam seminggu sekali yaa.. Tapi inget, jangan dipaksakan juga karena itu hukumnya sunnah. 

3. Bikin nasi & beli lauk di warteg 
Nah ini nih yang sangat membantu pengeluaran kalian! Beli nasi 5kg juga cukup buat (lebih kurang) 1 bulan atau 2 bulan. Buat lauknya, beli aja di warteg. 10-15ribu dapet 3 lauk. Cukup buat seharian. Hemat bukan?

4. Apapun makanannya, minumnya air putih
Ini buat kalian yang mau makan diluar. Kalo pesen minum, pesen aja air putih. Worth it kok! 

5. Bawa botol minum sendiri
Eh ini juga ga kalah pentingnya! Modal beli botol minum berapa sih? Yang punya dirumah, ya dibawa aja. Kalo abis, tinggal isi ulang aja di tempat yang sudah disediain galon. Gratis kan?

6. Bikin target buat menabung (itung2 belajar menabung & kontrol uang)
Dapet uang jajan dari mama papa? Enak banget pastinya! Tapi jangan seneng dulu, dibalik kebahagiaan kita, ada orang tua yang sedang bekerja keras demi memenuhi kebutuhan anaknya. Maka dari itu, kita sebagai anak juga jangan boros ya guys! Sisihkan sebagian uang kalian buat ditabung. Syukur-syukur bisa disedekahkan juga. Inget kata pepatah kan? "Sedikit-dikit lama-lama menjadi bukit". Sebagai contoh, kalo dihitung-hitung misalnya kita nabung sehari seribu, sebulan udah dapet 30 ribu. Semakin besar nominal yang kalian targetin, semakin besar juga hasilnya. Bisa buat pegangan kalian kedepannya tuh. Gak semua kondisi keuangan orang tua kita dalam keadaan baik, bukan? Seenggaknya kalau kita punya tabungan, kita bisa berjaga-jaga. 

7. Cari part-time or freelance
Buat kalian yang lagi kuliah, pasti bosen kan kalo harus jadi kupu-kupu? Aka kuliah pulang-kuliah pulang. Nah, isi waktu luang kamu dengan hal yang bermanfaat. Misal, jadi kasir atau barista atau kalian yang punya bakat bidang fotografi, bisa juga tuh dikembangkan. Atau, bisa juga kalian daftar asisten atau sekret, atau kegiatan apapun deh yang ada di kampus. Selain nambah pengalaman, kalian juga punya pegangan buat nambah-nambah uang jajan. 
Oya, kalian punya passion dibidang apa? Jangan kira, passion kamu juga bisa menghasilkan lho! Asal kalian fokus dengan apa yang kalian tuju.

8. Buka bisnis/usaha kecil-kecilan
The last! Buat kalian yang punya printer, bisa tuh buka jasa print. Atau yang mau coba dagang, coba jual pulsa aja. Atau apapun deh. Dari usaha kecil, bisa jadi besar kan? Pokoknya semua tergantung niat dan usaha. Karena hasil tidak akan menghianati sebuah usaha. 

Apapun usaha kalian, orang tua kalian pasti akan bangga. Yang terpenting, jika kalian sudah berpenghasilan, jangan lupa untuk memberikannya juga kepada orang tua kalian sebagai tanda terimakasih. Gausah mikir 2x buat kasih ke orang tua. Kalau ke pacar aja bisa, kenapa ke orang tua engga? H3h3. 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Fluttershy - Working In Background

Instagram